30
Des
10

Teknik Kesepakatan

enam prinsip/teknik dasar untuk memperoleh kesepakatan:
1. Pertemanan/rasa suka (Ingratiation): umumnya, kita lebih bersedia utk memenuhi permintaan dari teman/orang-orang yang kita sukai daripada permintaan dari orang asing atau orang-orang yang tidak kita sukai.
–> teknik ingratiation yang paling efektif:

rayuan(flattery) – memuji orang lain (atau org2 yg dekat dg orang lain itu) dengan cara-cara tertentu.

memperbaiki/memperindah penampilan

mengeluarka banyak tanda-tanda nonverbal yg positif

melakukan kebaikan-kebaikan kecil

2. Komitmen/Konsistensi: artinya orang akan lebih mudah untuk di ajak bersepakat tentang suatu yang berhubungan secara konsisten dengan komitmen yg ia miliki itu.

–> teknik foot-in-the door: membuat orang menyetujui terhadap permintaan kecil, lalu setelah orang itu setuju, disodorkan permintaan yg lebih besar (yg diinginkan).

–> teknik low ball: penawaran/persetujuan diubah (menjadi lebih tidak menarik) setelah orang yang menjadi target terlanjur menerimanya. Misal: konsumen ditawari sebuah mobil yg sangat menarik. Ketika sudah diterima oleh konsumen, penawaran itu ditolak oleh manajer, dengan menaikkan harga/membuat suatu perubahan yang tidak menguntungkan konsumen. Konsumen sering kali menerima penawaran tersebut.

3. Kelangkaan: orang akan lebih mudah menerima kesepekatan jika hal itu adalah hal yang langka, dibandingkan dengan yang tidak langka.

–> playing hard to get (jual mahal): memberikan kesan bahwa seseorang atau obejk adalah langka dan sulit diperoleh.

klo ingin jadi karyawan, tunjukkan bahwa kita mungkin akan direkrut oleh perusahaan lain, kita sangat diinginkan.

dengan memberi kesan bahwa sulit untuk mendapatkan kasih sayang, maka individu akan meningkatkan kemungkinan untuk disukai.

–> teknik deadline: orang yang menjadi target diberi tahu bahwa mereka memiliki waktu yang terbatas untuk mengambil keuntungan dari beberapa tawaran atau untuk memperoleh suatu barang.

4. Timbal balik/resiprositas: orang lebih mudah memenuhi permintaan dari orang yang sebelumnya telah memberikan bantuan atau kemudahan bagi kita daripada terhadap orang yang tidak pernah melakukannya. Dengan kata lain kita harus membayar apa yang telah dilakukan oleh orang lain.

–> teknik door-in-the-face: pemohon memulai dengan permintaan yg besar dan kemudian ketika permintaan ini ditolak, mundur ke permintaan yang lebih kecil (yg sebenarnya yang dekat dengan yang diinginkan).

–> teknik that’s-not-all: menawarkan keuntungan tambahan kepada orang-orang yang menjadi target, sebelum mereka memutuskan apakah mereka hendak menuruti atau menolak permintaan spesifik yang diajukan. –efek ini berhasil utk harga-harga yang lebih rendah.

5. validasi sosial: “hal itulah yang dilakukan oleh orang-orang seperti kita”, bila orang itu percaya, biasanya ia akan lebih mudah menerima kesepekatan kita.
Orang lebih mudah memenuhi permintaan untuk melakukan beberapa tindakan, jika tindakan tersebut konsisten dengan apa yang kita percaya/dipikirkan oleh orang yang mirip dengan kita.

6. Kekuasaan: orang lebih bersedia memenuhi permintaan orang yang berkuasa

taktik lain:

1. teknik Pique:
minat orang yang menjadi target distimulasi dengan permintaan yang tidak umum, sehingga mereka tidak menolak permintaan secara otomatis, karena kebiasaan mereka.

2. menempatkan seseorang dalam suasana yang baik dulu (sama dengan ingragatiation).

PS (dari pengarang buku): Betapa menyedihkan bahwa taktik-taktik pengaruh sosial seringkali digunakan untuk hasil yang mementingkan diri sendiri!

dari buku: “Psikologi Sosial” Jilid 2, edisi kesepuluh (hal 70 – 78) Penulis: Robert A. Baron & Donn Byrne


0 Responses to “Teknik Kesepakatan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Psikologi Sekilas

Blog Stats

  • 26,937 hits

%d blogger menyukai ini: