21
Agu
12

Dalam Krisis? Biarkan Kata-katamu Menciptakan Duniamu

(Diterjemahkan dan disingkat dari artikel Karen Salmansohn yang berjudul “In a Crisis? Let Your Words Create Your World”, yang ada di Oprah.com)

Para psikolog mengatakan, sebuah trauma yang terjadi akan menyerangmu lagi untuk kedua kali. Pertama, Kamu mengalami realitas tersebut – menghadapi kenyataan itu. Kedua, ketika kamu berpikir atau berbicara tentang hal tersebut kepada orang lain, berarti kamu telah menciptakan kembali kejadian tersebut dalam pikiran. Meskipun tidak ada yang dapat kamu lakukan tentang apa yang telah terjadi padamu, penting untuk tetap memperhatikan bagaimana kamu menggambarkan trauma untuk diri sendiri dan orang lain – Ingat, kata-katamu menciptakan duniamu!

Boris Cyrulnik, sebuah etolog Perancis terkenal, mengatakan ada alasan yang baik untuk memperhatikan apa yang kamu katakan. Kebanyakan perempuan yang bekerja dengan Boris, dan yang pernah mengalami trauma seksual, mengatakan bahwa bukan kasih sayang yang menginspirasi mereka untuk pulih, tetapi lebih karena pengaruh orang-orang disekitarnya yang memberitahu bersikap kuat. Cukup diberitahu bahwa mereka kuat akan membantu mereka untuk menjadi seperti itu. Cyrulnik berpendapat bahwa jika orang lain mengungkapkan rasa kasihan atau horor terlalu banyak kepadamu , pandangan mereka benar-benar dapat meningkatkan rasa sakitmu.

Apa cara yang paling mudah, juga paling kuat, untuk bangkit kembali dari keterpurukan? Ingatlah mantra ini, “Saya harus memperhatikan kata-kata yang saya gunakan – karena kata-kata tersebut menciptakan dunia yang saya lihat!”

Neuro-linguistik Programming (NLP) adalah terapi yang mencoba untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar dan mempengaruhi perubahan yang positif dengan sadar menggunakan kata-kata positif untuk kembali fokus pada hal-hal yg bisa dikendalikan. Misalnya, Cyrulnik memperingatkan bahwa setelah trauma, kita perlu memastikan bahwa kita tidak berbicara dengan orang-orang yang sengaja membuat kita dalam modus korban, yang menggunakan bahasa depresi-inducing semisal:
– Anda pasti sangat menderita sekarang!
– Betapa sangat terluka dan sakitnya Anda!
– Aku yakin kau lelah dan tertekan setelah semua yang kau lalui!

Tidak, tidak, tidak! Kau harus menjauhkan diri dari kata-kata seperti itu! Memang pada permukaan mereka tampak baik dan empati, tapi mereka akan lebih membuatmu mengalami krisis serta berada dalam mood yang buruk. Selama masa-masa sulit, Kau harus dikelilingi dengan orang-orang yang menyanyikan, “Kamu kuat! Anda kuat! Kamu kuat” yang menciptakan lingkaran dukungan tak berujung!

Morrie dan Arleah Shectman, psikoterapis yang mengkhususkan diri dalam konseling dukacita, paham betul dengan kekuatan subliminal kata-kata. Mereka sengaja menggunakan bahasa memberdayakan ketika membantu orang melalui trauma. Morrie mengatakan dia tidak pernah berbicara “dengan simpati” terhadap pasien, karena itu melemahkan dan membuat pasien dimanjakan dalam mode korban. “‘Pembicaraan yang penuh dengan simpati’ dapat membuat pasien terjebak, menghidupkan kembali perasaan sedih mereka daripada melaluinya,” kata Morrie.

NLP adalah sebuah fenomena yang cukup menakjubkan. Pada tahun 2000, peneliti John Bargh melakukan studi yang sekarang terkenal, yang menunjukkan bagaimana konteks linguistik kita sangat mempengaruhi perilaku kita. Bargh memberikan pada dua kelompok orang yang berbeda dua daftar berbeda berupa kata-kata untuk disusun, dan memberitahu mereka, bahwa mereka sedang diuji untuk memecahkan masalah sederhana.

Daftar pertama berisi kata-kata yang menunjukkan ketidaksabaran, kekasaran dan agresivitas, daftar kedua merupakan kata-kata yang menunjukkan kesabaran, kesopanan dan ketenangan. Setelah tes selesai, para peserta diminta untuk membawa daftar tersebut ke seorang administrator yang asyik mengobrol dengan seorang rekan – ini dalam rangka menyiapkan sebuah percobaan yang sebenarnya.

Semua peserta yang diberi daftar kata-kata yang menunjukkan kekasaran dan agresivitas, menjadi seperti yang digambarkan dalam kata-kata di daftar tersebut – dengan marah mengganggu administrator. Namun, peserta dengan bahasa yang menyarankan kesabaran dan ketenangan, 82 persen dari mereka tidak mengganggu administrator sama sekali. Pelajaran yang bisa dipetik? Kata-kata yang kita gunakan dan kita dengar sangatlah kuat mempengaruhi!

Jika kau sedang dalam keadaan yang sangat sulit, sangat penting untuk menjadi sadar dan tidak berkutat pada rasa sakit. Sebaliknya, secara sadar bumbuilah percakapanmu, baik dalam sesi terapi atau dalam penulisan jurnal, dengan kata-kata yang menggambarkan kekuatan, semangat, kata-kata optimis, sehingga akan membuatmu ditujukan ke arah yang kuat, positif, penyembuhan!

“Setelah kau melalui trauma atau kerugian besar, asumsikan bahwa orang tidak akan menjadi pendengar yang baik,” kata Dr Al Siebert, penulis The Advantage Resiliency. Menurut Siebert, rata-rata orang akan mendengarkanmu berbicara tentang kesulitanmu selama satu sampai dua menit, sebelum akhirnya mereka ingin pergi, atau mengganggu mu dengan pendapat mereka. Hal ini dapat benar-benar menyakitkan dan menimbulkan stres emosional ketika kau sedang merasa rapuh.

Siebert menyarankan untuk melindungi semangat dengan menciptakan beberapa batasan dan “elevator pitch” dari cerita, berupa jawaban cepat satu menit. Dengan pemikiran ini, sangat membantu untuk menggunakan beberapa waktu untuk secara sadar menuliskan elevator pitch apa yang kau ingikan untuk disertakan, sehingga kau siap ketika orang bertanya. Cobalah untuk menggunakan bahasa yang netral atau positif sehingga kau tidak terus mengenang rasa sakitmu. Pastikan untuk menempatkan “kicker” positif di akhir. Misalnya: “Ya, saya sudah melalui hal yang mengerikan, tapi aku baik-baik saja menanganinya. Bagaimana denganmu? Pernahkah kau melalui hal seperti ini?” Mengharapkan empati akan mengecilkan kemungkinan bahwa respon pendengarmu akan menyakiti atau mengecewakanmu.

Jika kau merasa sedang berada dengan orang-orang yang sangat mendukung – teman yang mana anda ingin lebih bebas berbagi pengalaman – pastikan untuk memeriksa mereka terlebih dahulu, dengan mengatakan sesuatu seperti: “Saya harus mengakui apa yang telah kulalui adalah pengalaman yang sangat emosional . Jika kau memiliki satu jam, saya ingin berbagi denganmu” Dengan cara itu kamu menjaga diri terhadap kekecewaan karena tidak mampu untuk berbagi sesuai dengan yang kau harapkan..

Siebert juga mengingatkan bahwa tidak apa-apa untuk memutuskan untuk tidak berbagi. Kau dapat memberitahu orang-orang, “Terima kasih untuk bertanya, tapi saya tidak ingin untuk membicarakannya sekarang.”

Teknik lain adalah NLP membantu untuk mencairkan kata-kata yang sangat negatif. Cobalah untuk berhenti mengatakan hal-hal seperti:

Aku marah!
Aku hancur!
Aku benar-benar hancur.

Alih-alih menggantinya dengan ekspresi ringan seperti:

Saya sedikit jengkel.
Saya kecewa.
Aku heran.

Sadarilah bahwa kata-kata Anda juga memiliki kekuatan di bidang lain kehidupan Anda. Misalnya, alih-alih mengatakan, “Saya tidak akan terlibat dengan brengsek yang curang, atau sosiopat, atau orang beracun!” Kamu perlu berkata, “Saya hanya akan terlibat dengan orang-orang yang sehat, penuh kasih, dan orang dapat dipercaya.” Daripada mengatakan, ” Saya tidak lagi akan terlilit dalam utang!” kau mungkin bisa berkata,” Saya bersumpah untuk menjadi pelarut finansial. ”

Saya juga seorang yang sangat percaya bahwa apa yang yang kau pikir tentang dirimu sendiri adalah benar-benar memanifestasikan siapa dirimu. Keyakinanmu akan menciptakan tindakan dan kebiasaan yang kamu pilih. Selama mengalamai masa yang sulit, sangat penting untuk melihat diri sendiri sebagai orang yang kuat – mampu memantul kembali lebih kuat daripada sebelumnya! Dengan pemikiran ini, saya sarankan selama masa-masa sulit, Anda memasukkan apa yang saya sebut “Identity Protection Program!” Milikilah salah satu dari identitas berikut sebagai milik Anda:

– Aku tipe orang yang membuat dunia mengatakan ya kepada saya.
– Saya adalah seorang dengan semangat gigih, phoenix yang bangkit dari abu. Tidak ada yang membuat saya jatuh!
– Orang yang lebih rendah akan hancur sekarang. Tidak moi!
– Ketika hidup melempariku dengan curveball, aku memukul mereka keluar dari taman!

Jika kau berada dalam waktu yang sulit, ingatlah untuk mengulang jenis keyakinan sesering mungkin, bahkan jika pada awalnya kau tidak percaya terhadap hal tersebut. Seperti Muhammad Ali pernah berkata: “Ini adalah pengulangan/afirmasi yang membuat kita yakin. Dan sekali hal tersebut menjadi keyakinan yang mendalam, banyak hal-hal mulai terjadi “Atau seperti yang saya ingin katakan, “Kadang-kadang kita harus membuat “positif palsu” sampai akhirnya kita berhasil dalam keadaan positif yang sebenarnya” (“Sometimes you gotta fake positivity till you make positivity”).


0 Responses to “Dalam Krisis? Biarkan Kata-katamu Menciptakan Duniamu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Psikologi Sekilas

Blog Stats

  • 26,937 hits

%d blogger menyukai ini: